Jln. Dr. M. Hatta No. 877 Kel. Kemalaraja
Baturaja Timur, OKU, Sumatra Selatan
Selasa, 23 Juli 2024
10:00 - 22:00 WIB
Info & Pendaftaran

LABORATORIUM

Laboratorium rumah sakit bertanggung jawab untuk melakukan berbagai jenis tes dan analisis laboratorium yang mendukung diagnosis, pengobatan, dan pemantauan kondisi kesehatan pasien.

Fungsi utama laboratorium rumah sakit adalah untuk memberikan informasi yang diperlukan bagi dokter dan tim medis dalam merencanakan perawatan pasien. Beberapa jenis tes yang umum dilakukan di laboratorium rumah sakit meliputi:

  1. Tes darah: Meliputi tes darah rutin, profil darah lengkap, tes koagulasi, tes gula darah, dan tes fungsi organ seperti tes fungsi hati dan ginjal.
  2. Tes urin: Meliputi analisis urin untuk mendeteksi adanya infeksi saluran kemih, gangguan ginjal, atau masalah lain dalam sistem kemih.
  3. Tes patologi klinis: Meliputi pemeriksaan sampel jaringan atau sel yang diambil dari pasien melalui biopsi atau pemeriksaan sitologi.
  4. Tes mikrobiologi: Meliputi identifikasi bakteri, virus, atau parasit yang mungkin menyebabkan infeksi pada pasien.
  5. Tes imunologi: Meliputi pengujian antibodi atau antigen untuk mendeteksi adanya infeksi atau gangguan kekebalan tubuh.
  6. Tes biokimia: Meliputi pengukuran tingkat enzim, hormon, vitamin, dan zat kimia lainnya dalam darah untuk membantu dalam diagnosis dan pemantauan kondisi medis.

Laboratorium rumah sakit biasanya dilengkapi dengan peralatan canggih dan teknologi terkini untuk memastikan akurasi dan keandalan hasil tes. Para profesional medis, seperti ahli laboratorium medis, teknisi laboratorium, dan patolog, bertanggung jawab atas pengoperasian laboratorium dan interpretasi hasil tes.

Penting untuk dicatat bahwa laboratorium rumah sakit beroperasi dengan standar kualitas yang tinggi dan diatur sesuai dengan peraturan dan kebijakan yang berlaku. Hal ini bertujuan untuk memastikan keamanan dan kualitas hasil tes serta melindungi pasien dan staf laboratorium dari risiko infeksi atau kecelakaan yang mungkin terjadi dalam pengelolaan sampel dan bahan berbahaya.

Laboratorium rumah sakit memiliki peran penting dalam memberikan dukungan diagnostik yang cepat dan akurat kepada pasien dan tim medis. Hasil tes laboratorium membantu dalam pengambilan keputusan pengobatan, pemantauan respons terhadap pengobatan, dan pemantauan kondisi kesehatan secara keseluruhan.

POLIKLINIK
DOKTER JAGA
DARURAT
STATISTIK
TESTIMONI