Jln. Dr. M. Hatta No. 877 Kel. Kemalaraja
Baturaja Timur, OKU, Sumatra Selatan
Selasa, 23 Juli 2024
10:00 - 22:00 WIB
Info & Pendaftaran

UNIT GIZI

Layanan gizi rumah sakit adalah unit yang bertanggung jawab untuk memberikan  perencanaan ,pemantauan, dan intervensi gizi kepada pasien rumah sakit. Tujuan utama dari layanan gizi rumah sakit adalah untuk memastikan pasien mendapatkan asupan nutrisi yang optimal sesuai dengan kebutuhan medis mereka selama perawatan di rumah sakit. Berikut adalah beberapa fungsi dan tanggung jawab umum dari layanan gizi rumah sakit:

  1. Evaluasi gizi: Layanan gizi rumah sakit melakukan evaluasi gizi pasien untuk menilai keadaan gizi mereka. Ini melibatkan pengumpulan data seperti riwayat gizi, status antropometri (misalnya berat badan, tinggi badan), analisis laboratorium, dan informasi medis lainnya. Dengan informasi ini, tim gizi dapat mengidentifikasi kekurangan nutrisi, kebutuhan nutrisi khusus, atau risiko gizi yang mungkin dihadapi oleh pasien.
  2. Rencana gizi individu: Berdasarkan evaluasi gizi, layanan gizi rumah sakit merencanakan program gizi individu untuk pasien. Ini mencakup menetapkan kebutuhan nutrisi harian, merancang pola makan yang sesuai dengan kondisi medis dan preferensi pasien, serta mempertimbangkan batasan diet tertentu yang mungkin diperlukan.
  3. Pemberian makanan: Layanan gizi rumah sakit bekerja sama dengan dapur rumah sakit untuk memastikan bahwa makanan yang disediakan sesuai dengan rencana gizi pasien. Mereka juga memberikan edukasi kepada pasien dan staf rumah sakit mengenai pemberian makanan yang benar, termasuk teknik makan dan penggunaan alat bantu makan jika diperlukan.
  4. Monitoring dan intervensi gizi: Selama masa perawatan di rumah sakit, layanan gizi memantau perkembangan gizi pasien dan memberikan intervensi yang sesuai. Mereka melakukan pemantauan berat badan, pengukuran lingkar lengan atas, dan analisis laboratorium yang relevan untuk memantau respons pasien terhadap intervensi gizi. Jika perlu, mereka juga dapat memberikan suplemen nutrisi, nutrisi parenteral (melalui infus), atau nutrisi enteral (melalui selang nasogastrik atau gastrostomi) untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pasien.
  5. Edukasi gizi: Layanan gizi rumah sakit memberikan edukasi kepada pasien, keluarga, dan staf medis tentang pentingnya nutrisi yang adekuat dalam pemulihan pasien. Mereka juga memberikan informasi mengenai diet seimbang, manajemen berat badan, atau aspek gizi lainnya yang relevan untuk kondisi medis pasien.
  6. Konsultasi gizi: Layanan gizi rumah sakit berkolaborasi dengan tim medis lainnya, seperti dokter, perawat, dan ahli kesehatan lainnya, untuk memberikan konsultasi gizi. Mereka memberikan rekomendasi dan saran mengenai penangan
POLIKLINIK
DOKTER JAGA
DARURAT
STATISTIK
TESTIMONI